Prosedur Antrian
- Tentukan sistem antrian yang harus dipelajari
- Tentukan model antrian yang cocok
- Gunakan formula matematik atau metode simulasi untuk menganalisa model antrian
Komponen Sistem Antrian
- Populasi masukan
Berapa banyak pelanggan potensial yang masuk sistem antrian
- Distribusi kedatangan
Menggambarkan jumlah kedatangan per unit waktu dan dalam periode waktu tertentu berturut-turut dalam waktu yang berbeda
- Disiplin pelayanan
Pelanggan yang mana yang akan dilayani lebih dulu : a. FCFS (first come, first served) b. LCFS (last come, first served) c. Acak d. prioritas
- Fasilitas Pelayanan
mengelompokkan fasilitas pelayanan menurut jumlah yang tersedia : a. Single-channel b. multiple-channel
- Distribusi Pelayanan
a. Berapa banyak pelanggan yang dapat dilayani per satuan waktu
b. Berapa lama setiap pelanggan dapat dilayani
- Kapasitas sistem pelayanan
memaksimumkan jumlah pelanggan yang diperkenankan masuk dalam sistem
- Karakteristik sistem lainnya
pelanggan akan meninggalkan sistem jika antrian penuh, dsb
Notasi dalam Sistem Antrian
- n = jumlah pelanggan dalam sistem
- Pn = probabilitas kepastian n pelanggan dalam sistem
- λ = jumlah rata-rata pelanggan yang datang persatuan waktu
- µ = jumlah rata-rata pelanggan yang dilayani per satuan waktu
- Po = probabilitas tidak ada pelanggan dalam sistem
- p = tingkat intensitas fasilitas pelayanan
- L = jumlah rata-rata pelanggan yang diharapkan dlm sistem
- Lq = jumlah pelanggan yang diharapkan menunggu dalam antrian
- W = waktu yang diharapkan oleh pelanggan selama dalam sistem
- Wq = waktu yang diharapkan oleh pelanggan selama menunggu
dalam antrian
- 1/µ = waktu rata-rata pelayanan
- 1/λ = waktu rata-rata antar kedatangan
- S = jumlah fasilitas pelayanan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar