Rabu, 08 April 2020

Simulasi Model Antrian

  1. Garis tunggu atau sering disebut antrian (queue)
  2. Fasilitas pelayanan (service facility)























Prosedur Antrian 
  1. Tentukan sistem antrian yang harus dipelajari
  2. Tentukan model antrian yang cocok
  3. Gunakan formula matematik atau metode simulasi untuk menganalisa model antrian

A close up of text on a white background

Description automatically generated

A screenshot of a cell phone screen with text

Description automatically generated

A screenshot of a cell phone

Description automatically generated
A screenshot of text

Description automatically generated
A picture containing indoor, bottle, paper, table

Description automatically generated
A close up of a white wall

Description automatically generated
A screenshot of a cell phone

Description automatically generated

Komponen Sistem Antrian

  1. Populasi masukan
                 Berapa banyak pelanggan potensial yang masuk sistem antrian
  1. Distribusi kedatangan
                 Menggambarkan jumlah kedatangan per unit waktu dan dalam periode waktu tertentu berturut-turut dalam waktu yang berbeda
  1. Disiplin pelayanan
                 Pelanggan yang mana yang akan dilayani lebih dulu : a. FCFS (first come, first served) b. LCFS (last come, first served) c. Acak d. prioritas
  1. Fasilitas Pelayanan
                 mengelompokkan fasilitas pelayanan menurut jumlah yang tersedia : a. Single-channel b. multiple-channel
  1. Distribusi Pelayanan
a.     Berapa banyak pelanggan yang dapat dilayani per satuan waktu
b.     Berapa lama setiap pelanggan dapat dilayani
  1. Kapasitas sistem pelayanan
                 memaksimumkan jumlah pelanggan yang diperkenankan masuk dalam sistem
  1. Karakteristik sistem lainnya
                 pelanggan akan meninggalkan sistem jika antrian penuh, dsb

Notasi dalam Sistem Antrian
  • n   = jumlah pelanggan dalam sistem
  • Pn = probabilitas kepastian n pelanggan dalam sistem
  • λ   = jumlah rata-rata pelanggan yang datang persatuan waktu
  • µ  = jumlah rata-rata pelanggan yang dilayani per satuan waktu
  • Po = probabilitas tidak ada pelanggan dalam sistem
  • p   = tingkat intensitas fasilitas pelayanan
  • L   = jumlah rata-rata pelanggan yang diharapkan dlm sistem
  • Lq = jumlah pelanggan yang diharapkan menunggu dalam antrian
  • W = waktu yang diharapkan oleh pelanggan selama dalam sistem
  • Wq      = waktu yang diharapkan oleh pelanggan selama menunggu
                           dalam antrian
  • 1/µ      = waktu rata-rata pelayanan
  • 1/λ       = waktu rata-rata antar kedatangan
  • S   = jumlah fasilitas pelayanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

METODE PERAMALAN (FORECASTING) DALAM DUNIA INDUSTRI

Peramalan merupakan bagian awal dari suatu proses pengambilan suatu keputusan. Sebelum melakukan peramalan harus diketahui terlebih dahulu ...